Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » » Fosil Unta Raksasa Ditemukan di Pegunungan Kanada

Fosil Unta Raksasa Ditemukan di Pegunungan Kanada

Rabu, 06 Maret 2013 | 0 komentar

detail berita
Ilustrasi unta purba (Foto: Softpedia)
OTTAWA - Tim arkeolog baru-baru ini menemukan fosil unta raksasa di wilayah pegunungan High Arctic, Kanada. Beberapa sisa tulang ditemukan oleh tim arkeolog, yang menunjukkan spesies unta raksasa yang pernah hidup di zaman prasejarah.

Dilansir Softpedia, Rabu (6/3/2013), tim arkeolog bekerjasama dengan Canadian Museum of Nature untuk mengungkap temuan fosil hewan masa lampau tersebut. Hasil analisis fosil menunjukkan, unta ini pernah hidup sekira 3,5 juta tahun lalu.

Kondisi suhu Bumi di 3,5 juta tahun lalu diyakini mencapai 14 derajat celcius. Temperatur suhu tersebut masih lebih tinggi ketimbang suhu Bumi di wilayah setempat saat ini.

Situs resmi Canadian Museum of Nature mengatakan, ditemukan 30 fragmen fosil yang menunjukkan bagian kaki satu individu unta. Kabarnya, fosil ini ditemukan selama ekspedisi tiga musim panas, yakni mulai dari tahun 2006, 2008, 2010.

"Ini merupakan penemuan penting karena ini menyediakan bukti pertama dari unta yang hidup di wilayah High Arctic," kata Natalia Rybczynski, paleontolog hewan bertulang belakang.

Ia menjelaskan, pencarian fosil ini telah diperluas dari wilayah Amerika Utara ke cakupan area lebih luas ke utara, sepanjang 1.200 kilometer. Selain itu, temuan menunjukkan bahwa unta modern saat ini kemungkinan berawal dari keturunan unta yang hidup di lingkungan hutan Kutub Utara.

"Beberapa spesialisasi terlihat pada unta modern, seperti kaki lebar datar mereka. Selain itu, mata besar dan terdapat punuk unta. Adaptasi kemungkinan berasal dari unta ynag hidup di lingkungan kutub," pungkasnya.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger