Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » » Yamaha New V-Ixion Lebih Ringan 1,8 Kilogram!

Yamaha New V-Ixion Lebih Ringan 1,8 Kilogram!

Jumat, 01 Februari 2013 | 0 komentar

Tanpa Kick Starter, Yamaha New V-Ixion Lebih Ringan 1,8 Kilogram!


Awalnya Yamaha New V-Ixion Lightning akan dijual tanpa kick starter. Tapi karena suara konsumen meminta yang untuk tetap disematkan kick starter cukup besar, akhirnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyanggupinya dengan menjual dua varian berbeda.

New V-Ixion dengan kick starter di lepas Rp 22,6 juta on the road Jakarta, sedang yang tanpa kick starter dilepas Rp 22,4 juta. Rupanya, konsumen Indonesia masih belum pecaya diri bawa motor tanpa kick starter. Padahal komponen terbilang jarang digunakan.

Hampir semua sepeda motor terbaru telah dilengkapi dengan electric starter, makanya selahan engkol ini jarang dipakai. Terus buat apa dong, bayar lebih mahal untuk komponen yang jarang dipakai dan harus dibawa ke mana-mana?

Toh kalau melihat motor-motor besar, dengan kapasitas mesin 250 cc ke atas apalagi yang telah mengusung multi silinder, kick starter sudah tidak bisa lagi digunakan. Sama seperti mobil, untuk menghidupkan mesin hanya mengandalkan electric starter dan tidak ada masalah.

"Memang konsumen Indonesia masih harus diedukasi, sebenarnya tanpa kick starter sekalipun tidakada masalah," buka M Abidin, GM Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 

Mungkin konsumen masih takut dengan kondisi jika sewaktu-waktu aki tekor dan kick starter tidak bisa digunakan. Padahal dengan dihilangkannya kick starter, Yamaha sudah sangat siap dengan menyempurnakan sistem kelistrikannya.

"Sistem pengisian pada Yamaha New V-Ixion diperbaharui, aki tidak akan mudah tekor karena dilengkapi dengan sistem cut-off," jelas Abidin. "Ketika aki sudah penuh, secara otomatis, proses pengisian akan langsung dihentikan. Tujuannya agar aki tidak over charging yang membuat aki cepat rusak," bebernya panjang lebar.
Tanpa komponen ini bobotnya dipangkas 1,8 kilogram
Selain itu, Yamaha juga telah menyediakan indikator aki di panel speedometer. Ketika aki terdeteksi mulai rusak, maka lampu indikator akan menyala memberikan kode untuk segera dilakukan pengecekan. Jadi masalah aki tekor bisa langsung diantisipasi tanpa harus menunggu electric starter benar-benar mati.

Dan satu lagi, tanpa kick starter bobot motor jadi lebih ringan. Sempat ditimbang, perangkat kick starter lengkap mulai dari tuas hingga mekanisme gigi starter-nya. Total beratnya mencapai 1,8 kilogram. Wah, kalau tanpa kick starter pasti berpengaruh pada perbandingan tenaga dan bobotnya (power to weight ratio).
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger