Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » , » Ilmuwan Bikin Jubah "Sakti" Ala Spider-Man NEW

Ilmuwan Bikin Jubah "Sakti" Ala Spider-Man NEW

Sabtu, 23 Februari 2013 | 0 komentar

detail berita
Ilustrasi (Foto: Newscientist)
WASHINGTON - Ilmuwan dari University of Illinois di Chicago, Amerika Serikat, mengembangkan jubah inovatif dengan kemampuan mendeteksi objek melalui gelombang ultrasonik. Jubah "sakti" ini persis keahlian Spider-Man, di mana pemakainya bisa mengetahui apabila ada objek "berbahaya" yang mendekat.

Dilansir Newscientist, Jumat (22/2/2013), dengan jubah ini, siapapun bisa berpura-pura menjadi Spider-Man dan memungkinkan penggunanya mengetahui seberapa dekat dirinya dengan objek benda. Selain itu, jubah ini bisa membantu navigasi ketika pengguna menutup matanya.

Jubah ini dinamakan SpiderSense dan dikembangkan oleh Victor Mateevitsi dari University of Illinois, Chicago. Jubah ini dilengkapi lengan robot kecil dalam modul dengan mikrofon yang mengirimkan dan mengambil refleksi ultrasonik dari objek.

Bagaimana prinsip kerjanya? Ketika gelombang ultrasonik mendeteksi pergerakan seseorang yang dekat dengan mikrofon, maka lengan akan merespon dengan cara mengerahkan tekanan pada tubuh.

Tujuh dari modul ini didistribusikan di seluruh jubah untuk memberi pemakainya kemampuan mendeteksi objek dalam cakupan 360 derajat. "Ketika seseorang meninju Spider-Man, ia merasa sensasi dan dapat menghindarinya. Jubah kami adalah konsep yang serupa," kata Mateevitsi.

Lebih lanjut ia mengatakan, SpiderSense bisa membantu penyandang tunanetra untuk menemukan jalan mereka dengan lebih mudah. Mateevitsi menguji jubah ini pada mahasiswa dengan mata tertutup, dan menemukan bahwa mereka bisa menghindari berbagai serangan

"Sembilan puluh lima persen mereka bisa merasakan seseorang mendekat," ungkap Mateevitsi. SpiderSense dijadwalkan akan dipresentasikan pada konferensi Augmented Human di Stuttgart, Jerman bulan depan. Tim peneliti kini merencanakan untuk meningkatkan kemampuan jubah ini dengan tambahan sensor
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger