Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » » APA ITU ROOTING???

APA ITU ROOTING???

Selasa, 08 Januari 2013 | 0 komentar

APA ITU ROOTING???
Root itu memiliki arti mengupdate ROM Handphone/Hardware Android anda dengan ROM yang telah dimodifikasi. Hal tersebut sama halnya dengan istilah "Jailbreak" pada iOS di IPHONE, sedangkan pada Handheld berOS Android hal tsb dinamakan "Rooting".

Dibawah ini akan coba saya jabarkan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari proses "ROOTING" tersebut :


Anda memiliki "FULL CONTROL" terhadap sistem yang ada didalam OS Android itu sendiri.

Yang dimaksud dengan "FULL CONTROL" disini adalah anda bisa melakukan penggantian "core system files" dengan file alternatif sesuai dengan keinginan anda sendiri, sebagai contoh, anda bisa mengganti "themes", "bootloader", dan aplikasi inti yang dapat di"customize" yang lain.

Anda bisa menambahkan "EXTRA APPLICATION" didalam Android OS anda sehingga lebih kaya fitur

Dengan dilakukannya proses Rooting tersebut anda juga bisa menambahkan beberapa fitur yang memang tidak dihadirkan oleh produsen/pabrikan pada awalnya. Sebagai contoh adalah fitur LIVEWALLPAPER (dalam case ini, Samsung Galaxy Spica emang pada awalnya Samsung sengaja tidak memberikan fitur tersebut, tetapi syukur dengan adanya rooting, fitur tersebut dapat dinikmati oleh para pengguna Galaxy Spica)

Sebagai contoh lain adalah fitur "multitouch" dan "pinch to zoom" yang hanya ada pada handheld2 tertentu saja. Tetapi dengan adanya root maka anda dapat menikmati fitur tersebut (ex: Samsung Galaxy Spica, HTC Hero)

Contoh yang lain lagi adalah fitur "Tethering" yang pada awalnya hanya dikhususkan bagi para pengguna HH dengan OS Froyo tetapi lagi-lagi dengan rooting anda bisa menikmati fitur tersebut walau OS anda "hanya" Eclair. Dan masi banyak lagi fitur2 tambahan yang bisa anda nikmati dengan adanya proses rooting tsb

Anda bisa menjadikan Android OS anda menjadi jauh lebih "POWERFULL"

Dengan melakukan Root atau Rooting Android maka Anda bisa memberikan kekuatan baru ke Ponsel Android anda, sebagai contoh sederhananya adalah anda bisa menginstal Aplikasi di SD Card (meski fitur ini telah ada di Android 2.2 Froyo) karena dengan "memindahkan" file instalasi aplikasi ke SD anda akan mendapatkan ruang bagi internal memory yg lebih lega sehingga tidak menggangu performance dari OS Android anda, sampai kepada fitur-fitur lainnya yang bisa membuat handphone Android kamu lebih powerfull (sebagai contoh adalah "overclocking CPU", install "lagfix", hingga customize ROM bawaan dari pabrik)

Tentunya hal-hal diatas juga memiliki konsekuensi yang harus ditanggung, diantaranya adalah :

1. "VOID" nya garansi dari pabrik
2. Kerusakan yang menjadi tanggung jawab anda sendiri (Tetapi menurut saya hal tsb malah menjadikan anda semakin "mau" belajar dan mandiri
3. Adanya kemungkinan terjadinya "Bricked" atau "Matot" alias Mati Total.

Untuk Tutorial Rooting dsb bisa dilihat di masing2 Lounge jenis HH masing2 dikarenakan cara untuk Rooting masing2 HH berbeda satu dengan yang lainnya, sehingga tidak memungkinkan untuk dipost satu per satu di trit ini.
Namun jika menemui kendala, boleh di share dimari dan sapa tau diantara kita bisa bantuin problem yg anda temui.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger