Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » » Honda BeAT BARU 2013

Honda BeAT BARU 2013

Jumat, 01 Februari 2013 | 0 komentar

Honda BeAT, Skutrail Si Skubek Trail


Motor matic bisa tampil extrem. Adalah Honda BeAt garapan Zulkifli Lubis yang ingin membuktikan bahwa dirinya bisa modifikasi lebih dari ubahan biasa yang hanya bersifat bolt on.

Sebagai ajang pembuktian, Kipli sapaan akrab Zulkifli memilih motor pribadinya sebagai bahan modifikasi. “Enggak ada motor lain lagi, yang tersisa hanya Honda BeAT. Karena motor lainnya sudah dimodifikasi,” bilang juragan OX2 Modified asal Jl. Dewi Sartika, Perumahan Puri Indah Blok. C4,  Malang, Jawa Timur. Owh..

Pemilihannya sengaja ke genre pacuan trail! Lagi-lagi, karena tujuannya adalah sebagai pembuktian bahwa dirinya bisa melakukan segala ubahan modif mulai dari yang biasa sampai extreme sekalipun. Betul..?

"Selain itu masih jarang yang memodifikasi matik jadi trail, makanya saya lebih tertarik. Saya hanya membutuhkan mesin dan CVT saja buat menu utama trail ini,” bilang pria yang juga doyan fotografi ini.

Buat main-frame, Kipli membuat ulang dari dua ukuran pipa besi berbeda. Sasis bagian atas pakai pipa bulat 45 mm dan bagian bawah pipa kotak berukuran 5 cm. “Memang sengaja saya bedakan. Jadi, agar terlihat perbedaan dan tidak monoton pipanya. Masa sih dari depan sampai belakang sama semua,” urainya.

Urusan rangka utama sudah kelar, lanjut ke bagian swing arm yang menjadi sasaran Kipli selanjutnya. Arm skutik, ya CVT. Tapi bentuk CVT jelas kurang menunjang kaki jenjang trail dong.

"Maka itu, arm saya bentuk model U karena pengancingnya hanya pada bagian kanan-kiri saja. Sedangkan untuk bagian tengah, saya isi transfer gir dari CVT ke roda belakang. Model arm ini, saya tiru dari Honda CRF250,” terang pria berambut cepak ini. Wowww..!!

APLIKASI TRANSFER GIR

Bagian paling sulit justru ada pada bagian transfer gir. Kipli musti putar otak buat memikirkan gir dan rantai. Jika masih tetap di sebelah kiri seperti motor bebek pada umumnya, jelas enggak bisa.

"Saya hanya butuh as gigi yang melekat dengan rumah kampas rem sebagai penggeraknya. Selain itu, gir roda pindah ke bagian kanan. Konstruksinya diberi besi 4 mm panjang 10 cm yang dilas ke bagian gigi as roda dan diberi gir. Setelah itu diberi braket berikut balancer, supaya gir tetap center,” terangnya sambil menunjuk gir dan rantai pindah ke kanan.

Oh ya! Untuk suspensi depan, Kipli mengaplikasi produk aftermarket asal Thailand. Supaya bisa terpasang, musti merubah bagian as komstir dengan cara memperbesar lubang dan memperkecil as bawaan suspensi. Sekarang skutrail-nya sudah jadi. Berikutnya mau membuktikan apa lagi nih
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger