Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » » Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan di Facebook

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan di Facebook

Jumat, 11 Januari 2013 | 0 komentar

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan di Facebook. Friendster sebagai situs jejaring sosial yang cukup populer beberapa tahun lalu kini di geser  oleh Facebook, sebuah situs jejaring sosial yang bisa disebut minimalis dari segi desain tapi kaya akan fitur dan pendukung.namun, seperti halnya situs jejaring sosial lainnya, maka pengguna'an Facebook pun tetap harus memperhatikan etika yang ada sehingga apa-apa yang kita lakukan di Facebook tidak menimbulkan keresahan atau tidak enak dipandang oleh pengguna lainnya.
Misalkan kita termasuk orang yang sering sekali mengupdate status dan terkadang malah memasang status yang mungkin terlihat oleh orang lain ‘mengganggu’ atau kita pasang foto yang cukup menghebohkan. Seperti paragraf di awal, suka atau tidak suka Facebook sudah mewabah dan berikut ini 10 tips yang seharusnya tidak dilakukan di Facebook:

-Menggunakan mail dari Facebook dibandingkan email yang biasa.
Jangan keseringan mengirim email dengan Facebook jika Sobat mengetahui alamat email asli teman Sobat, kenapa? Karena hal itu hanya membuang-buang waktu saja. Sobat kirim email ke teman Sobat dan Facebook mengirimkan email pemberitahuan ke teman Sobat kalau Sobat telah mengirimkan pesan buat dia. Bukankah itu jadinya kerja'an dua kali.

-Menambah teman lama dan lalu melupakan mereka.
Hal ini banyak kita lakukan dan mungkin inilah kejahatan terbesar dari jejaring sosial. Sobat iseng mencari-cari nama teman SD atau SMP Sobat dulu di Facebook dan ternyata Sobat menemukannya. Lalu Sobat tambahkan ia sebagai teman dan kemudian setelah menjadi teman di Facebook Sobat melupakanya lagi dengan tidak pernah menyapanya sama sekali.

-Menambahkan orang yang tidak dikenal sama sekali.
Situs jejaring sosial seperti halnya dunia maya menjadi rimba belantara yang liar. Untuk itulah kalau seandainya ada seseorang yang hendak menambahkan Sobat sebagai temanya  tapi Sobat tidak mengenal dia sama sekali, baiknya dihindari atau Sobat bisa cari tahu tentang dia dulu sebelum Sobat memutuskan untuk menambahkan dia sebagai teman. Hal itu bisa Sobat lakukan dengan mengirimkan email ke dia.

-Menerima ‘invitation’ dari orang yang tidak Sobat kenal.
Seperti halnya poin di atas, suatu hari Sobat menerima invitation dan Sobat setuju untuk bergabung. Lalu ketika Sobat lihat, ternyata tidak terdapat teman-teman Sobat dalam group tersebut. Bingung kan jadinya.

-Mengupdate Facebook di saat ‘semestinya’ Sobat sakit.
Yang ini mungkin bisa disebut kecerobohan yang terencana. Sobat sedang tidak ingin masuk kerja dan pikir-pikir mungkin akan bilang sakit, lalu Sobat menelpon kantor dan menginformasikan kalau Sobat tidak bisa masuk kantor hari ini. Lalu karena iseng dan ceroboh maka Sobat buka Facebook dan Sobat mengupdate status Sobat setiap beberapa menit, seperti sekarang sedang sarapan, sedang makan es krim, main video game atau yang lainnya. Yang seperti itulah yang disebut kecerobohan yang terencana karena bisa jadi bos atau rekan kerja Sobat di kantor mengawasi Facebook Sobat.

-Menulis di wall dibandingkan komunikasi secara pribadi.
Keterbuka'an atau narsisme, itulah yang terjadi ketika para penggunanya ingin selalu berbagi kepada orang lain tentang apa yang mereka lakukan lewat status di Facebook. Hal ini mungkin bagus, tapi jika seandainya Sobat membutuhkan sesuatu yang pribadi baiknya jangan ditulis di wall sehingga semua orang bisa membacanya. Contohnya Sobat ingin mengadakan acara khusus yang cuma akan dikunjungi oleh beberapa teman undangan Sobat, tapi karena Sobat menuliskannya di wall maka rencana acara khusus itu menjadi tidak khusus lagi karena banyak teman-teman Sobat yang lainnya yang tahu.

-Mengeluh di status Facebook.
Hal yang paling mengganggu di Facebook adalah membaca wall seseorang yang isinya berupa keluhan pribadi. Jangan tuliskan keluhan yang sifatnya sangat pribadi di wall, karena mungkin bukan simpati yang Sobat dapatkan tapi bisa jadi orang-orang mengenal Sobat ‘cengeng’.

-Mengupload foto di Facebook dan menghapus file aslinya.
Walaupun Facebook bisa digunakan untuk menyimpan foto-foto pribadi Sobat tapi jangan sekali-kali menghapus foto asli yang terdapat di komputer Sobat. Facebook tidak begitu bagus ketika harus mengkompres dan merubah besar ukuran foto.

-Men-Tag teman dalam foto tanpa sepengetahuannya.
Saya baru sadar kalau hal ini sangat mengganggu ketika kemarin teman di Facebook mengupload foto yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan saya dan ia rupanya men-Tag saya dan beberapa temanya. Karena foto itu menghebohkan maka banyak yang berkomentar, dan repotnya itu komentar yang ada diinformasikan ke email mereka yang di-Tag. Cukup menjengkelkan juga karena kita menerima email yang banyak tapi kita tidak merasa mengenalinya. Kita bisa pilih remove Tag di foto itu dan ingat agar jangan men-Tag foto seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut

-Membuat dan bergabung dengan group yang dapat meresahkan.
Facebook memang bebas dan terbuka dan terkadang karena sebab itulah Facebook dimanfa'atkan oleh beberapa kalangan untuk membuat group yang menyuarakan aspirasi dan kepentingan mereka walaupun itu terkesan menyudutkan orang lain atau hanya sekedar fitnah belaka. Hindari untuk membuat dan bergabung dengan group seperti itu.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger