Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » » 3 Penyebab Banjir di Jakarta

3 Penyebab Banjir di Jakarta

Sabtu, 19 Januari 2013 | 0 komentar

JAKARTA - Bencana banjir di Ibu Kota berulang kali terjadi. Berbagai analisa tentang penyebab banjir pun bermunculan ke publik. Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Nirwono Joga menerangkan, setidaknya ada tiga penyebab banjir di DKI Jakarta.

Penyebab banjir pertama, kata dia, karena sebanyak 80 persen tat ruang kota sudah berubah total. Seharusnya banyak daerah resapan air, tapi sekarang penuh dengan bangunan.

"Belum lagi kalau kita mau belajar tata ruang di Jabodetabek dari hulu-hilir. Banyak resapan air yang pemberian izin pembangunan ruang," ungkapnya saat ditemui pada acara Polemik Sindo Radio di Cikini, Jakarta, Sabtu (19/1/2013).

Joga menambahkan, penyebab banjir yang kedua adalah buruknya sistem drainase Jakarta. "Konteksnya hujan di Jakarta tidak lebat, tapi kawasan Sarinah-Thamrin sudah banjir," sambungnya.

Sedangkan, penyebab terakhir yakni, belum adanya kesadaran dari masyarakat untuk turut serta mencegah banjir. Hal ini, terlihat dari rendahnya kesadaran untuk menjaga lingkungan yang bersih.

Sementara itu, Mantan Kepala Bidang Strategi Pengembangan Rencana Kota, Dinas Tata Kota DKI, Muhamad Fauzal mengatakan, permasalah Jakarta juga ada tiga yakni, kiriman air yang begitu tinggi, naiknya air laut dan hujan lokal yang intensitasnya tinggi.

"Seharusnya Indonesia bisa membuat daerah tangkapan air seperti Waduk Jatiluhur yang merupakan produk Belanda," terang Fauzal.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger