Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » , » XLaunchpad App Launcher Pengganti Start Menu

XLaunchpad App Launcher Pengganti Start Menu

Jumat, 01 Februari 2013 | 0 komentar

Seperti kita ketahui Windows memasukkan seluruh daftar aplikasi yang telah terinstall di start menu. Anda pun bisa menambahkan shortcut di desktop untuk mempercepat akses ke aplikasi favorit Anda. Namun apa jadinya jika Anda memiliki banyak aplikasi yang terinstall di Windows, dan untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut Anda harus mencarinya di start menu satu persatu atau memenuhi desktop dengan shortcut. Tentu ribet bukan?
Launcher untuk menggantikan Start Menu di Windoows
Adalah XLaunchpad, launcher alternatif yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti start menu, shortcut, bahkan aplikasi berjenis dock yang kerap sulit diakses ketika Anda sedang multitasking. XLaunchpad memliki tampilan dan fungsi yang hampir sama dengan launcher milik Mac OS, dan bila Anda memiliki iPad pastinya Anda akan familiar dengan tampilan ini. Dengan meletakkan semua shorcut di XLaunchpad akan mempermudah Anda untuk menemukan aplikasi maupun folder favorit tanpa menggunakan start menu maupun shortcut.
Anda bisa mengunduh XLaunchpad di http://www.xwidget.com. Install aplikasi dan jalankan XLaunchpad, Anda akan mendapatkan tampilan standar XLaunchpad yang terdiri dari 2 halaman. Untuk menambahkan shorcut baru bisa dengan cara meng-klik kanan pada bagian kosong di XLaunchpad pilih Add lalu klik Window Mode, dan Anda tinggal men drag & drop shorcut yang ada pada desktop Anda ke XLaunchpad. Secara default XLaunchpad dapat dipanggil dengan memakai tombol hotkey F12 dan XLaunchpad akan tampil langsung di komputer Anda meskipun Anda sedang menggunakan aplikasi lain.
XLaunchPad, menggantikan desktop anda layaknya Tablet
XLaunchpad memiliki 2 mode tampilan yaitu Desk Mode dan Full Screen. Dengan memilih opsi Desk Mode Anda hanya dapat menggunakan XLaunchpad saat sedang berada di desktop dan XLaunchpad tidak dapat tampil di saat kita sedang menggunakan aplikasi lain. Dengantidak mencentang Desk Mode, XLaunchpad dapat digunakan di atas aplikasi lain meskipun kita sedang menggunakannya sama halnya dengan memencet tombol menu pada iPad untuk kembali ke menu utama untuk menggunakan aplikasi lain. Untuk dapat mengakses opsi ini cukup klik kanan pada XLaunchpad lalu klik Settings.
Anda juga bisa menambahkan halaman dengan mengklik kanan pada XLaunchpad, pilih Add lalu New Page. Dan jika Anda menghapus sebagian shortcut yang terdapat di XLaunchpad cukup dengan klik kanan pada XLaunchpad pilih View lalu klik Edit Mode. XLaunchpad akan menampilkan tampilan seperti gambar di bawah ini yang akan memudahkan Anda mengedit atau menghapus sebagian shortcut yang ada.
XWidget, membuat desktop anda mirip dengan desktop pada Android
Jika Anda sekedar ingin merapikan shortcut yang terdapat di XLaunchpad Anda juga bisa membuat folder caranya pun cukup mudah cukup drag & drop di atas shortcut lain XLaunchpad dengan sendirinya akan membuat sebuah folder. Anda tinggal memberi nama shortcut tersebut, cukup mudah bukan.
Membuat folder Apps di Windows seperti pada Android Tablet
Di dalam menu Settings terdapat beberapa opsi yang dapat kita kostumisasi. Terdapat 6 tab yang berisi informasi aplikasi, Automatic update, layout icon pada XLaunchpad, animasi, dan opsi untuk mengganti tombol shortcut untuk memanggil XLaunchpad sampai merubah tampilan XLaunchpad. Untuk sementara ini XLaunchpad masih belum mensupport tema namun ke depannya XLaunchpad akan dibekali fitur tersebut. Dan saat ini Anda hanya bisa merubah tampilan background XLaunchpad. Untuk dapat merubah tampilan background cukup masuk ke menu Settings lalu pilih tab Appearance di bagian background Anda bisa mencentang opsi Costum background dan pilih gambar favorit sebagai background XLaunchpad.
XWidget dan XLaunchpad untuk mengganti tampilan desktop layaknya di Android dan iPad
Jika menurut Anda XLaunchpad masih terlalu lambat performanya Anda bisa menggunakan opsi Max Memory Mode dengan membuka menu Settings di tab General lalu centang opsi tersebut. XLaunchpad akan memakai sebagian RAM, namun jangan khawatir XLaunchpad malah akan membuat komputer Anda semakin lemot. XLaunchpad memiliki fitur sleep mode yang aktif secara otomatis sehingga XLaunchpad hanya memakai RAM saat diperlukan saja. Dan hanya memakai sedikit RAM sewaktu XLaunchpad dalam kondisi stand by.
XLaunchpad dapat juga diaktifkan dengan cepat memakai F12 (default) atau Anda juga bisa mengatur sendiri untuk opsi ini di menu Settings di tab Activation. Bahkan Anda bisa mengaktifkan XLaunchpad hanya dengan mengarahkan cursor ke beberapa posisi di layar monitor Anda.
Menu Setting dari XLaunchPad
Dengan menggunakan XLaunchpad tentunya akan semakin mengurangi ketergantungan terhadap start menu yang membosankan dan menghindari desktop Anda penuh dengan shortcut. Kapanpun jika Anda membutuhkan cukup aktifkan XLaunchpad dengan hanya menekan tombol F12 dan semua aplikasi favorit Anda akan langsung tampil di layar komputer layaknya App Launcher milik besutan Apple yang terbaru Mac Mountain Lion. Selamat mencoba.

Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger