Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » » AS-Indonesia Kemitraan Expand Pertahanan

AS-Indonesia Kemitraan Expand Pertahanan

Rabu, 30 Januari 2013 | 0 komentar

Marinir AS mengambil posisi mereka selama latihan serbu amfibi bersama dengan rekan-rekan mereka di Indonesia Banongan pantai di Situbondo, Jawa Timur, Indonesia, 5 Juni 2012.UKURAN TEKSSara Schonhardt
30 Januari 2013JAKARTA - Amerika Serikat melanjutkan kemitraan pertahanan dengan Indonesia dengan berkomitmen untuk mengamankan perairan di Asia Tenggara terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh terorisme, pembajakan dan ketegangan teritorial baru. Cina, juga, adalah membangun kehadiran angkatan laut di kawasan itu.
Beberapa jalur yang paling penting di dunia pelayaran melintasi Indonesia, sebuah negara lebih dari 17.000 pulau. Dengan miliaran dolar dalam perdagangan bergerak melalui perairan setiap tahun, para pejabat AS mengatakan negara itu merupakan kunci untuk mempertahankan perdamaian dan stabilitas regional.
Sebagai bagian dari poros menuju Asia-Pasifik diumumkan oleh Menteri Pertahanan AS Leon Panetta Juni lalu, Amerika Serikat adalah mencari untuk meningkatkan kemitraan dengan Indonesia di beberapa daerah, termasuk keamanan maritim.
Tujuannya adalah untuk bekerja sama dengan sekutu regional untuk memerangi ancaman umum, kata Kapten Adrian Jansen, atase angkatan laut di Kedutaan Besar AS, yang berbicara pada sebuah pertemuan publik di Jakarta pekan ini.
"Indonesia dan AS menghadapi ancaman yang umum - ancaman konflik di Laut Cina Selatan, ancaman pembajakan di laut, bencana alam yang melukai bangsa kita, ancaman terorisme dan penyebaran senjata pemusnah massal yang mengancam eksistensi kita, "kata Jansen.
Analis memperingatkan Amerika Serikat perlu menggunakan ancaman-ancaman umum untuk terlibat lebih dengan China. Jika tidak, kehadiran Amerika meningkat dapat memicu konflik dengan Beijing, yang juga memperluas pengaruh regional.
Collin Koh merupakan rekan penelitian asosiasi di Sekolah Rajaratnam dari International Studies di Singapura.
"Kalau kita melihat jenis tindakan yang kita lihat sampai saat ini, tampaknya cukup jelas bahwa poros AS terutama ditargetkan mengandung munculnya Cina," katanya "Yang bertepatan dengan kekuatan China tumbuh dan ketegasan yang tumbuh.".
Sebagai bagian dari keterlibatan angkatan lautnya, Amerika Serikat telah melakukan latihan difokuskan pada teknik perang kontra-pembajakan dan ditingkatkan. Mereka latihan telah tumbuh secara signifikan sejak AS memulihkan hubungan militer dengan Indonesia pada tahun 2005.
Sementara itu, China juga telah memperluas perdagangan dan pertahanan hubungan. Media di Indonesia melaporkan penjualan baru-baru C-705 rudal untuk melengkapi lebih dari selusin kapal perang Indonesia. Kedua negara juga akan menandatangani kontrak transfer teknologi yang akan memungkinkan Indonesia untuk memproduksi rudal dalam negeri.
Peningkatan kerjasama itu sebagai perselisihan mengintensifkan antara Cina dan beberapa anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.
Empat dari 10 anggota yang mengklaim kedaulatan pengelompokan regional bagian dari Laut Cina Selatan. Namun Cina mengklaim hampir seluruh wilayah. Di armada penangkapan ikan masa lalu, Filipina dan Vietnam memiliki standoffs dramatis dengan kapal-kapal China di perairan terpencil, memicu kekhawatiran bahwa sengketa dapat menyebabkan konflik terbuka.
Pada hari Selasa, Hao Yinbiao, seorang pejabat di Kedutaan Besar China di Jakarta, mengatakan, China berkomitmen untuk negosiasi diplomatik dan membantah kekhawatiran bahwa tindakan China semakin agresif akan menyebabkan konfrontasi.
"Sebuah negara berkembang cenderung diyakini oleh orang lain untuk memiliki beberapa konflik dengan kekuatan yang ada dan pengaruh. Kami tidak memiliki agenda lain, seperti sentimen terhadap Amerika Serikat, "kata Yinbiao.
Indonesia tidak mengklaim wilayah diperebutkan dan, di masa lalu, telah memainkan peran penting sebagai broker dalam sengketa. Tapi, setelah gagal mencapai kesepakatan substantif di Laut Cina Selatan selama KTT ASEAN lalu, ada beberapa analis yang khawatir sengketa bisa menjadi pertempuran untuk pengaruh regional yang dapat membahayakan persatuan ASEAN - meskipun upaya Indonesia untuk broker kesepakatan.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger