Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » » 8 Langkah Hebat RESEP SEHAT TANPA OBAT

8 Langkah Hebat RESEP SEHAT TANPA OBAT

Jumat, 11 Januari 2013 | 0 komentar

Hanya delapan langkah tapi dilakukan dengan teratur kita pegang sebagai resep sehat tanpa obat… Lebih ampuh daripada resep obat semahal apa pun. Kenapa? Karena semuanya cara hidup sehat paling dasar, memperbaiki hal paling dasar adalah sebab pengobatan yang manjur. Pola hidup sehat akan menguatkan pemulihan kesehatan. Sebaliknya pola hidup tidak sehat akan merusak jalannya pengobatan. Sebagian prinsip juga Anda sudah sudah tahu: mencegah datangnya penyakit tentu lebih gampang dan lebih manjur daripada mengobati, kemudian menutup pintu masuk penyakit akan mempercepat proses penyembuhan.
Apa saja 8 langkah itu? Ini dia:
Resep Sehat Tanpa Obat Pertama
(1.) Perbaiki jiwa dan pola pikir setiap hari: Sikap Syukur dan Sabar
Ini langkah resep sehat paling awal serta paling penting. Menjaga pola pikir atau keadaan jiwa adalah hal utama dan pertama sebelum menjaga keadaan fisik. Orang yang hidupnya berkecukupan lalu tertimpa suatu penyakit bisa tetap merasakan bahagia, kenapa? Karena ia tetap bersyukur kepada Allah. Terkadang orang-orang seperti ini juga lebih mudah sembuh, cepat pengobatannya.
Namun ada pula orang yang kaya raya hartanya, sehat badannya, tapi hidupnya selalu gelisah – tidak bahagia, kenapa? Karena nggak pernah merasa cukup atas karunia Allah. Bahkan bisa jadi Allah menambah lebih banyak kesusahan dengan datangnya banyak penyakit yang susah diobati.
Makanya, jangan terlalu memikirkan rezeki orang lain melebihi di atas kita, tapi lihatlah orang-orang yang lebih sengsara di bawah kita.
Terlalu banyak nikmat Allah atau rizki yang sering kita lupakan. Padahal apapun modal bawaan lahir di tubuh serta jiwa Anda sangat besar nilainya.
وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللهِ لاَ تُحْصُوْهَا
“Dan jika kalian menghitung nikmat Allah niscaya kalian tidak akan sanggup.” (QS. An-Nahl: 18)
Kunci resep sehat baik itu dengan obat atau tanpa obat ada pada sikap bersyukur dan sabar.
syukur sabar resep sehat tanpa obat resepobatmahal.com
Lalu bagaimana cara bersyukur?
Jawabannya, kita harus selalu mengingat nikmat-nikmat yang sudah Allah berikan. Kita semua diciptakan dan diberi nikmat bukan untuk tujuan sia-sia. Allah — Rabb seluruh alam — sudah memberitahukan bahwa tujuan diciptakannya jin dan manusia hanya untuk beribadah (menyembah) kepada-Nya. Allah sama sekali tidak memerlukan amal ibadah manusia, Maha Suci Allah, Dia Maha Kaya atas segala sesuatu. Akan tetapi manusialah yang senantiasa butuh pertolongan-Nya. Ibadah kita lakukan kepadaNya justru untuk kebaikan diri kita sendiri. Inilah tujuan hidup kita: beribadah hanya kepada Allah. Kita bersyukur dengan cara beribadah (menyembah) kepada Allah, dan mengingkari segala sesembahan selain Dia. Juga dengan cara menaati perintah-perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.
“Wahai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepada kalian. Adakah Pencipta selain Allah yang dapat memberikan rizki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada yang berhak diibadahi selain Dia, maka mengapa kamu berpaling?” (QS. Fathir: 3)
“Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan Allah, niscaya akan dihapuslah amal perbuatanmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi. Karena itu, maka hendaklah Allah saja yang kamu sembah dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur.”” (QS. Az-Zumar: 65-66)
Sikap syukur dan sabar yang benar (hanya mengharap ridho Allah) adalah resep sehat langkah pertama yang lebih baik dibandingkan resep obat mahal manapun.
Perbaikan jiwa dan pola pikir bisa dimulai dari belajar ilmu Islam yang bersumber dari Al-Quran, Al-Hadits Shahih, dan pemahaman para Shahabat. Niatkan ini hanya karena Allah saja.

Resep Sehat Tanpa Obat Kedua
(2.) Menjaga perut dari setiap makanan
Mulai saat ini seimbanglah dalam takaran makan. Ini resep sehat kedua setelah sikap syukur dan sabar. Setiap makan coba perkirakan perut Anda sepertiga bagiannya untuk makanan, sepertiganya untuk minuman, dan sepertiganya untuk ruang udara atau bernapas. Kita akan merasa makanan lebih nikmat jika tidak kekenyangan. Anda akan merasa lebih bebas untuk mengerjakan pekerjaan lain setelah makan, seperti berdiri, berjalan maupun gerakan lain. Begitu cara diet sehat yang benar. Diri Anda sendiri yang akan merasakan, jadi jujurlah pada diri Anda untuk betul-betul melakukannya.jaga perut jaga makan minum resep sehat tanpa obat
Memang sih bicara itu lebih mudah daripada mengerjakan. Tapi bagaimanapun Anda harus melatih diri sungguh-sungguh daripada kehilangan nikmat sehat, mahal harganya…
Contohlah pola hidup Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, generasi shahabat beliau radhiyallahu’anhum, juga generasi Tabi’in serta Tabi’ut Tabi’in. Mereka betul-betul menjaga pola makannya bahkan sering sekali menahan lapar (karena puasa ataupun karena cobaan).
Mereka tidak banyak makan, tetapi mereka adalah contoh sukses generasi produktif, banyak amal “karya” mereka hasilkan, hingga sukses; dibalas oleh Allah dengan sukses di dunia maupun di akhirat.
Menjaga masukan perut sudah terbukti sebagai resep sehat tanpa obat yang sangat ampuh di ilmu kedokteran. Bahkan resep obat alami maupun kimiawi yang manjur selalu diiringi diet (pengaturan makan).

Resep Sehat Tanpa Obat Ketiga
(3.) Gerak badan teratur (olahraga) setiap hari
Jangan Anda bayangkan bahwa olahraga harus dengan yang berat-berat seperti sepakbola, basket, atau bulu tangkis. Olahraga nggak cuma itu. Gerakan-gerakan kecil tapi teratur untuk meregangkan / menarik otot-otot itu pun sudah bagus jika dilakukan setiap hari. Berjalan kaki juga akan melatih jantung untuk tetap sehat-kuat.
Jangan ke mana-mana naik motor. Kalo jarak dekat mendingan jalan kaki. Kita dikasih dua kaki jangan “ditelantarkan”, kalo nggak buat berjalan buat apa? Ini modal besar lo. Ini juga sebagai resep sehat orang-orang dulu yang relatif lebih sehat dan kuat dibanding orang-orang zaman sekarang.resep sehat tanpa obat gerak badan olah raga tiap hari resepobatmahal.com
Banyak sekali manfaat berolahraga. Olahraga akan melancarkan peredaran darah, kalau bisa usahakan sampai berkeringat. Bersyukurlah kepada Allah karena keringat Anda bisa keluar. Kenapa? Karena keringat itu mengeluarkan racun, kotoran, dan bibit-bibit penyakit dari dalam tubuh, seperti halnya buang air kecil maupun besar. Malah saya pernah mendapat kabar ada terapi pengobatan dengan cara mengeluarkan keringat si pasien dengan memasukannya ke dalam kantung khusus.
Tidak bisa berkeringat justru penyakit yang gawat.
Dari penelitian penyakit diabetes pun penyebabnya bukan cuma karena si penderita kebanyakan makan manis-manis. Tetapi karena jumlah total kalori dari makanan apapun — yang kemudian diolah oleh tubuh sebagai glukosa (sumber energi) — tidak seimbang lalu mengendap. Padahal seharusnya “dibuang” sebagai tenaga untuk gerak tubuh. Makanya jangan malas untuk gerak badan teratur.
Bagi Anda yang sehari-harinya bekerja duduk lama menghabiskan waktu di kursi, harap berhati-hati. Anda lebih sering terkena pegal-pegal padahal nggak banyak keluar tenaga. Apalagi jika sudah berumur empat puluhan ke atas, beresiko terserang rematik atau asam urat.
Jadi gerak badan teratur (olah raga) ini adalah resep sehat paling penting ketiga dalam tahapan sehat tanpa obat.
PERHATIAN: Saya menasihati Anda agar TIDAK PERGI ke tempat-tempat senam atau olahraga yang di situ tercampur baur antara pria dan wanita bukan mahram, serta orang-orang di situ (baik pria maupun wanitanya) tidak menutup aurat. Takutlah kepada Allah dan malulah kepada-Nya, Allah senantiasa mengawasi kita.

Resep Sehat Tanpa Obat Keempat
(4.) Upayakan kebersihan badan setiap hari
Agama Islam yang disampaikan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sudah sempurna hingga akhir zaman, sangat lengkap, termasuk diajarkannya menjaga kebersihan badan contohnya mandi, menggosok gigi, wudhu, membersihkan tubuh dari najis sebelum beribadah, sampai memotong kuku.
Rasulullah Muhammad shollallohu’alaihi wa sallam menjadikan bersiwak / menggosok gigi sebagai kegiatan rutin yang sangat sering beliau lakukan dalam sehari semalam, terlebih sebelum shalat. Gigi-gigi Rasulullah putih bersih dan nafas beliau harum.
Rasul sangat menekankan anjuran menggosok gigi atau bersiwak, saking pentingnya beliau ingin mewajibkannya akan tetapi beliau khawatir itu akan memberatkan ummatnya.
Rasulullah bersabda yang maknanya, “jika tidak karena khawatir memberatkan umatku, niscaya akan aku wajibkan bersiwak setiap kali hendak shalat.”
Lihatlah di zaman sekarang, saking banyaknya keluhan penyakit gigi, bidang kedokteran gigi dipisahkan dari cabang kedokteran umum. Sekarang sudah banyak dokter gigi dan menjadi profesi bergengsi.resep sehat tanpa obat bersihkan gigi dengan siwak miswak
Hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ . قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ
“Ada sepuluh perkara yang termasuk fitrah, yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,-pen), memotong kuku, membersihkan persendian (lipatan tubuh,-pen), mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air…,” Berkata Mush’ab (salah seorang perawi hadits), “Dan aku lupa yang kesepuluh, aku merasa yang kesepuluh adalah berkumur-kumur.” (HR. Muslim no.261, Abu Daud no. 52, At Tirmidzi no. 2906, An Nasai 8/126, Ibnu Majah no. 293)
Anda khususnya kaum pria, jangan malas untuk kebersihan badan Anda, ingat… ini bagian dari resep sehat tanpa obat.

Resep Sehat Tanpa Obat Kelima
(5.) Jaga istirahat/tidur cukup serta teratur
Istirahat dan tidur ada porsinya juga. Kurang tidur maupun kebanyakan tidur sama-sama menyebabkan penyakit. Jadi ukurlah waktu tidur Anda secara tepat. Bagi ukuran orang dewasa, jumlah keseluruhan waktu tidur sehari semalam bisa dilakukan antara 6 sampai 8 jam, menyesuaikan keadaan tubuh. Sebagian orang bisa mencicil waktu tidurnya. Akan lebih bagus jika kita bisa membagi waktu tidur menjadi dua: yaitu tidur malam dan tidur siang. Hal ini sesuai contoh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam.resep sehat tanpa obat dengan istirahat tidur cukup teratur
Resep sehat ini banyak dilupakan para pemuda di daerah perkotaan.
Menjaga istirahat / tidur yang cukup serta teratur adalah tahap penting nomor lima dalam resep sehat tanpa obat setelah perbaikan jiwa, menjaga pola makan, olah raga, dan kebersihan badan.

Resep Sehat Tanpa Obat Keenam
(6.) Membersihkan udara dan lingkungan sekitar
Polusi sangat merugikan kesehatan. Polusi adalah racun bagi setiap makhluk hidup. Polusi bisa berbentuk apa saja baik kotoran di udara, air, dan tanah. Termasuk asap rokok! Jadi bulatkan tekad, berhentilah merokok sekarang juga! Jangan termakan gambar iklan-iklan rokok (padahal isinya nggak nyambung). Perusahaan rokok itu tidak bisa membantah bahwa sebenarnya rokok itu berbahaya dalam jangka panjang, jadi mereka menampilkan gambar-gambar iklan yang sebetulnya enggak nyambung menggambarkan merk-merk rokok itu lambang kesuksesan, kejantanan, petualangan. Padahal semuanya itu gambaran menipu tentang hidup senang-senang. Nyatanya banci-banci pun merokok.
Jika suatu saat Anda sakit maka hilangkanlah seluruh sumber penyakitnya. Jangan berbuat sia-sia, boros, berobat tapi masih tetap memasukkan racun ke dalam tubuh Anda. Sebagus apapun resepnya, sekuat apapun obatnya, jika sumber masalah penyakit tidak dihilangkan ini seperti gali lubang tutup lubang, sia-sia, bahkan pemborosan.
Kemudian jaga baik-baik kebersihan bumi karunia Allah sebagai tempat tinggal kita.
Mulailah menanam – memelihara pohon. Berikan tempat untuk pohon-pohon di sekitar kita tetap hidup, jangan gampang menebang pohon, karena manfaatnya justru untuk kita sendiri. Di Jakarta kita melihat contoh jelas banjir sering melanda, kurangnya resapan tanah, hawa udaranya panas, kotor, debu dan asap polusi luar biasa. Ini dikarenakan tidak ada ruang (wilayah) yang cukup untuk tumbuhnya pepohonan rindang.resep sehat tanpa obat dengan bersihkan udara & lingkungan
Ditambah lagi sampah-sampah tidak diurus dengan baik, masyarakatnya masih saja cuek buang sembarangan di sungai atau tempat lainnya padahal di situ bukan tempat sampah. Akibatnya munculnya gunungan sampah. Bibit wabah penyakit seperti demam berdarah, virus serta bakteri lainnya akan lebih mudah menyebar.
Makanya jangan malu atau malas untuk membersihkan sampah di sekeliling kita, walaupun cuma sedikit. Kan lama-lama jadi bukit…
Sebagian orang menganggap resep sehat udara bersih itu sulit. Memang banyak orang bepergian ke pegunungan atau pedesaan untuk mendapat udara segar. Tapi itu hanya waktu yang sebentar dan mulai sulit didapat. Padahal resep sehat udara bersih jadi gampang kalau mau mulai upayakan udara sehat di lingkungan kita sendiri. Mulai memelihara tanaman-tanaman dalam pot semisal tambulampot (tanaman buah dalam pot) bisa memberi keuntungan ganda.
Mungkin rumah Anda juga berantakan? Cobalah rapikan bersama-sama keluarga. Ajak anggota keluarga berbicara, untuk menentukan kapan bisa bersama merapikan dan bersihkan rumah. Paling tidak membuat semua meja terlihat rapi dan ruangan nyaman untuk digunakan bekerja.
Kita tidak hidup sendiri dalam upaya mewujudkan resep sehat tanpa obat ini, jadi usahakan bersama-sama mulai dari keluarga.

Resep Sehat Tanpa Obat Ketujuh
(7.) Jangan sering menahan rasa ingin kencing dan buang air besar (B.A.B)
resep sehat tanpa obat jangan sering menahan rasa ingin kencing / buang air B.A.B
Sering menahan rasa kencing beresiko merusak ginjal dan organ dalam lainnya seperti hati (hepar). Bisa menyebabkan terkena gagal ginjal hingga cuci darah, kencing batu / batu ginjal, atau gangguan lainnya. Begitu juga buang air besar (B.A.B) jangan ditahan-tahan. Kotoran apa pun bentuknya merupakan racun bagi tubuh, jadi jangan membiarkan racun itu mengendap dan membuat “kerak” di tubuh kita.
Hati-hati, sudah banyak pengalaman nyata dari para penderita sakit.
Mungkin mulai banyak pemuda zaman sekarang yang sering menahan buang air karena lama di depan layar komputer, padahal ini juga bagian resep sehat tanpa obat.

Resep Sehat Tanpa Obat Kedelapan
(8.) Jika sanggup, Makan atau Minum bahan pelengkap berkhasiat / bergizi tinggi
Usahakan makan dan minum bahan tambahan bergizi tinggi serta berkhasiat, bisa berupa buah-buahan dan susu. Kurangi konsumsi daging merah (seperti sapi dan ayam), kita perbanyak konsumsi daging putih (ikan). Jika belum sanggup, bisa juga kita konsumsi vitamin, mineral, suplemen herbal (tumbuhan berkhasiat obat alami) didapatkan dari tanaman atau bahan halal alami di sekitar kita. Bisa juga Anda membeli suplemen yang sudah dikemas dalam botol atau kapsul khusus. Saya ingatkan Anda, jika Anda membeli yang sudah dikemas dalam botol atau kapsul khusus pilihlah distributor atau produsen pengemas yang telah mendapat sertifikat cangkang kapsul halal LPPOM MUI serta terdaftar di Departemen / Dinas Kesehatan atau resmi PIRT.resep sehat tanpa obat ayo makan minum gizi tinggi bahan berkhasiat
Saya sengaja memasukkan upaya asupan gizi tinggi atau bahan makanan berkhasiat sebagai langkah resep sehat terakhir. Kenapa? Karena langkah ini tidak semua orang bisa melakukannya. Banyak orang belum mampu untuk membeli bahan makanan bergizi tinggi atau makanan berkhasiat lainnya.
Selain itu langkah terakhir ini tidak terlalu berguna bagi pelakunya jika dia banyak melanggar cara hidup sehat seperti pada rangkuman saya ini. Buat apa berharap badan lebih kuat dengan makanan bergizi kalau hidupnya tidak beribadah kepada Allah satu-satunya, tidak punya rencana hidup, selalu stress (tertekan), dan selalu begadang?
Ya, resep sehat tanpa obat kimiawi memang dimulai dari sering memakan sayuran dan buah-buahan, zat bergizi tinggi alami.
Maka, jika Anda punya kemampuan rezeki untuk memperoleh makanan berkhasiat, bergizi tinggi, atau herbal, bersyukurlah selalu, ingat perbaikan jiwa dan pola pikir pada nomor pertama tadi. Salah satu upaya bersyukur adalah memberi bantuan, bershodaqoh / bersedekah kepada saudara-saudara kita yang kekurangan. Allah mempunyai balasan melimpah ruah di akhirat serta di dunia bagi orang yang mau bersyukur dan bersabar.
Kita baca firman Allah berikut ini, semoga dengan merenunginya kita selalu ingat akan pentingnya syukur dan sabar.
Allah Ta’ala berfirman:
و لنبلونكم بشىء من الخوف و الجوع و نقص من الأموال و الأنفس و الثمرات   و بشر الصابرين
“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 155)
Sehat tanpa obat bukan hal sulit jika kita punya tekad, selalu bertaubat — memperbaiki diri minta ampun kepada Allah, dan meminta pertolongan kepadaNya. Kita berlindung kepada Allah dari penyakit-penyakit berat, baik jasmani maupun ruhani.
Demikian resep sehat tanpa obat yang Anas rangkum dari para ahli. Jarang ada dokter menerangkannya.
Langkah-langkah resep sehat ini sebetulnya tidak hanya preventif (pencegahan), tapi juga dapat dipraktikkan bersama tindakan kuratif (pengobatan). Jika Anda sedang dalam proses pengobatan juga bisa mengamalkan pola hidup sehat di atas. Langkah-langkah ini kalau diterapkan dengan sungguh-sungguh, akan membuahkan nikmat sehat yang dahsyat, Insya Allah.
Dengan izin Allah, jika Anda dalam tahap pemulihan dari penyakit kronis seperti asam urat dan diabetes, akan lebih bugar jika menjalankan langkah-langkah tersebut. Begitu pula bagi Anda yang punya penyakit kambuh-kambuhan seperti demam, sakit kepala, batuk pilek (influenza), Insya Allah akan lebih tahan jika mempraktekkan delapan langkah resep sehat tanpa obat ini.
Sebetulnya masih banyak lagi hal-hal yang perlu dijelaskan, yang jika ditulis bisa jauh lebih banyak, mungkin lebih dari delapan. Delapan langkah di atas sekadar panduan ringkas yang saya coba tulis. Maka kita perlu selalu belajar. Wallahu a’lam. anas_samosir
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger