Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » » Definisi Kecantikan dalam Seni

Definisi Kecantikan dalam Seni

Senin, 25 Maret 2013 | 0 komentar

Budaya

Definisi Kecantikan dalam Seni

Museum Städel Frankfurt menggelar pameran kecantikan ideal masa lalu. "Schönheit und Revolution" (Kecantikan dan Revolusi) tampilkan benturan antara abad Klasik dan Antik, serta kaitannya dengan masa kini.
Tema kecantikan dibahas di mana-mana dan mendominasi berbagai media, juga iklan. Pengaruhnya tidak hanya pada jiwa tapi juga mengubah bentuk tubuh manusia. Semakin banyak orang menjalani operasi plastik dengan tujuan mendekati apa yang dianggapnya kecantikan ideal.
Seni berusaha mencapai ideal, demikian pula bagaimana mereka menggambarkan kecantikan ideal. "Lebih dari ratusan tahun seni adalah instansi kecantikan," tulis kritisi Hanno Rautenberg. Seni, kata Rautenberg, "dipandang sebagai kecantikan itu sendiri. Gambar-gambarnya mempengaruhi gambaran kita tentang keperawanan, ciri khas seorang wanita, tentang laki-laki yang bangga ataupun yang terpuruk."
epa03054057 A file photo dated 04 January 2012 shows the Picasso 'Woman's head' on display in the National Gallery of Athens, Greece. Burglars broke into the National Gallery in the pre-dawn hours on 09 January 2012 and took unknown number of paintings including Picasso's 1939 'Woman's Head' EPA/CHRISTINA ZACHOPOULOU +++(c) dpa - Bildfunk+++
Gambaran kecantikan ala Picasso "Woman's head"
Mencari Kecantikan Ideal
Pameran di Museum Städel Frankfurt, mengambil aksen era Klasik dan Romantik di Jerman (1785-1835). "Seperti dulu kenyataannya yang dicari sesuatu yang ideal. Yakni mencari lebih sedikit atau lebih besar dari apa yang ada di alam." Kata Dr. Eva Mongi-Vollmer, kurator pameran kepada DW. "Kepuasan terhadap kondisi alam masih belum tercapai, tujuan mencapai sesuatu yang ideal masih terus berlanjut." Yakni tujuan manusia mencapai apa yang dianggapnya optimal, "kecantikan sempurna", sudah terjadi sejak masa Antik pada bangsa Yunani dan Romawi, yang berlanjut hingga kini.
Terdapat lingkup yang luas tentang bentuk kecantikan dalam sejarah seni. Gambaran "kecantikan" di masyarakat seperti dalam seni, terus berubah. Dulu sekali, memiliki banyak lemak dipandang "cantik." Di masa Antik ukuran tubuh ideal menjadi kriterianya. Patung-patung terkenal Yunani dan Romawi menunjukkan itu. Kecantikan ideal di era itu meninggalkan pengaruh kuat di benak manusia modern. Jika orang melihat iklan banyak salon kecantikan saat ini, sering ditemukan kembali gambaran dan ukuran abad Antik.
#ACHTUNG! Bilder nur im Zusammenhang mit einer aktuellen Berichterstattung zur genannten Ausstellung verwenden, diese nicht verändern, manipulieren oder deren Inhalt für andere Zwecke verwenden!!!!! BESCHNEIDEN ERLAUBT, WENN ALS AUSSCHNITT GEKENNZEICHNET!!
Ausstellungsansicht
Foto: Norbert Miguletz Gambaran kecantikan di masa Antik, Pameran di Museum Seni Städel
Kadang Gemuk, Kadang Kurus...
Sebaliknya di Abad Pertengahan tidak selalu demikian. Kadang yang kurus yang mendominasi, kadang postur gemuk. Juga abad Renaissance dan Barock diwarnai aksen berbeda.
Figur-figur yang menjadi ciri khas dalam lukisan Rubens, kini juga diketahui oleh orang yang tidak suka seni. Klasik dan Romantik banyak mengambil kembali gambaran abad Antik. Terutama penulis seni Jerman Johann Joachim Winckelmann lewat karyanya "Panduan abad Klasik", "Sejarah Seni abad Kuno" yang mengagumi gaya seni Yunani dan Romawi.
"Pada kenyataannya Abad Antik tidak dipungkiri amat cantik," kata Eva Mongi-Vollmer. "Kecantikan menurut gambaran seni dahulu, adalah tujuan sebenarnya semua karya seni. Tapi kecantikan bukan hanya apa yang dipandang mata di sekitarnya, melainkan sesuatu yang ideal, suatu bentuk tertinggi yang tidak ada di alam. Jadi itu sebetulnya lebih dari sekedar gambaran kecantikan. Dan dengan gambaran ini orang membuat karya seni."
2-M120-G2-1638-B (173542) 'Die drei Grazien' Rubens, Peter Paul 1577-1640. 'Die drei Grazien', um 1638/40. Öl auf Holz, 221 x 181 cm. Inv.Nr. 1670 E: 'The Three Graces' Rubens, Peter Paul 1577-1640. 'The Three Graces', c.1638/40. Oil on wood, 221 x 181cm. Inv.Nr. 1670 Karya Peter Rubens "The three Graces"
Kecantikan = Pernak-pernik?
Pada abad ke-20 kecantikan ideal semakin luas perbedaannya. Bahkan sampai terjadi pemusnahan semua standar. Picasso dan seniman lainnya menghancurkan keutuhan tubuh, jiwa dan kecantikan. Dan kini setidaknya di bidang seni modern, kecantikan klasik bahkan dipandang mencurigakan, dinilai sebagai pernak-pernik dan dekorasi.
"Seberapapun kita masih dapat bebas dan memutuskan sendiri, pada kenyataannya kita mengikuti instink akar kecantikan masa purba," tulis Hanno Rautenberg. Seluruh sektor ekonomi masa kini, apakah itu industri kecantikan dan operasi plastik, merujuk pada gambaran ideal kecantikan dari abad Klasik dan Antik.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger