Latest Games :

Free Template »

Bookmark and Share
Home » , » Cara Menyembunyikan Launcher Unity di Ubuntu Secara OtomatiS

Cara Menyembunyikan Launcher Unity di Ubuntu Secara OtomatiS

Jumat, 01 Februari 2013 | 0 komentar

Unity mempunyai fungsi yang berguna untuk pengguna Ubuntu terutama sebagai media penempatan Launcher sehingga dapat menjalankan sebuah program dengan cepat. Launcher Unity hampir sama dengan AWN Dock, namun keduanya mempunyai fungsi yang sedikit berbeda dan bagi sebagian orang Launcher ini akan memperindah tampilan desktop dan juga mempersingkat waktu kerja tetapi bagi sebagian orang keberadaan Launcher justru tidak memberikan manfaat yang signifikan sehingga beberapa pengguna memutuskan untuk menyembunyikannya dari desktop.
Menyembunyikan Launcher Unity di Ubuntu Secara Otomatis
Untuk menyembunyikan Launcher Unity dari desktop ada dua cara, yang pertama menggunakan aplikasi Ubuntu Tweaks dan yang kedua dengan menggunakan pengaturan Behavior di System Setting. Kita akan bahas satu per satu.

Menyembunyikan Launcher Unity Dengan Ubuntu Tweak

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menyembunyikan Launcher dengan menggunakan aplikasi Ubuntu Tweak. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk mengatur tampilan Desktop di mana Launcher Unity termasuk di dalamnya. Untuk Anda yang belum memasang aplikasi Ubuntu Tweak, silahkan coba lakukan instalasi dengan code berikut melalui perintah terminal.
sudo add-apt-repository ppa:tualatrix/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install ubuntu-tweak
  • Untuk melakukan pengaturan Ubuntu Tweak, klik Tab Tweaks —> klik Unity Setting.
Ubuntu Tweak untuk menyembunyikan Unity
  • Di dalam halaman pengaturan Unity Setting Anda akan temukan salah satunya menu Launcher Hide Mode, silahkan pilih Auto Hide maka Launcher Unity yang ada di desktop Anda akan tersembunyi secara otomatis, untuk menampilkan di desktop Launcher cukup arahkan kursor ke posisi Launcher.
Ubuntu Tweak untuk menyembunyikan Luncher dari Unity

Menyembunyikan Unity Via System Setting

  • Cara kedua ini relatif tidak membutuhkan aplikasi tambahan, caranya buka Dash dan ketikkan appearance pada kotak pencarian, secara otomatis akan muncul menu Application – Appearance di layar seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, pilih dan tekan enter pada aplikasi tersebut. Sampai di sini gak bingung kan? Oke, lanjut kalau begitu.
Setting agar Unity tidak tampil di desktop Ubuntu
  • Pada jendela pengaturan Apperance Anda klik tab Behavior dan geser tombol pada pilihan Auto-hide the launcer ke posisi ON. Pengaturan Reveal Locations-nya dapat Anda sesuaikan, silahkan dicoba untuk melihat hasil pengaturan Anda. Apabila kemunculan otomatis atau Auto Hide-nya menganggu Anda, atur Reveal Sensitivy ke level Low maka Launcher tidak akan muncul walaupun kursor diarahkan ke posisi Unity atau Reveal Location. Untuk kembali pada pengaturan awal Anda dapat meng-klik Restore Default Behaviours.
Auto Hide Launcher
Demikianlah tips menyembunyikan Launcher Unity di Ubuntu secara otomatis tanpa mengganggu fungsi utama dari Launcher tersebut. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan aplikasi dock lain jika diinginkan untuk mempercantik tampilan desktop Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. trik internet indonesia - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger